Powered By Blogger

TEKNIK MENCARI KERUSAKAN PADA PS2

     Modal utama dalam memperbaiki sebuah unit elektronika adalah mengetahui fungsi yang terdiri dari apa saja,contohnya pada PS2 terdiri dari sebuah piringan CD yang berisikan file game  yang dimasukan dalam unit PS2 dan diolah sedemikian rupa hingga menjadi permainan dan permainan itu di tampilkan melalui sebuah media yaitu TV.Apabila kita sudah mengetahui fungsinya pasti akan lebih mudah untuk menguraikan terdiri dari apa saja PS2 itu.
     PS2 terdiri dari Power suply,PCB yang berisikan banyak IC,Resistor, Kondensator, Transistor, Dioda, Kristal, Regulator, Lilitan (L), Soket, dan sebuah optik. Itulah bagian - bagian yang ada dalam unit PS2.

                                    TV
                                     I
                                     I
Power suply ----- MB/PCB.PS2 ----- blok optik ----- CD game
                                     I
                                     I
                               Joystick

     Untuk itu kita harus dapat membedakan komponen yang masih bagus dan yang rusak, dengan mempergunakan sebuah alat ukur. Hal ini dapat di pelajari sendiri lewat buku - buku yang sudah ada di pasaran.
     Secara garis besar PCB / MB PS2 dapat kita bagi menjadi empat bagian, antara lain bagian Servo,Vidio - audio, Control (i/o), dan Vcc. Pengelompokan ini di buat agar kita mudah memperbaikinya, contoh unit tidak dapat membaca file game pada CD. berarti kerusakan ada di seputar bagian Servo,jangan bagian Vidio yang kita perbaiki, kalau demikian tidak akan dapat memperbaiki kerusakan malahan menambah kerusakan baru.
Untuk mengetahui ciri-ciri pada setiap bagian, telusuri bagian - bagian yang paling menonjol , contoh ; sekitar bagian optik / soket optik adalah bagian servo, Audio-vidio ada soket yang ke TV, bagian VCC dekat soket input power suply, bagian control telusuri dari soket joystick, dan lain sebagainya.
Buatlah test point pada setiap bagiannya berdasar kan unit yang normal, supaya kita mempunyai patokan untuk memperbaiki unit yang rusak.


Komponen yang paling sering rusak
  1.  resistor block ( RB )
Resistor adalah suatu hambatan ( R ) yang di gabungkan secara sejajar, terdiri dari beberapa resistor . ukurlah dengan menggunakan ohm meter atau multi meter digital agar nilai komponen lebih mudah dibaca. Resistor yang paling sering adalah bagian antara EE dan GS, antara master control servo dan ic 9611 ( dekat soket modem ). 


     2.   ic motor
 
Komponen ini sering mengalami kerusakan pada bagian yang berhubungan langsung dengan perangkat keras seperti dinamo ( motor ), dan lilitan kawat ( L ), untuk menentukan rusak atau tidaknya , ukurlah pin/kaki ic yang berhubungan langsung dengan perangkat keras tadi, dengan mempergunakan Volt meter dalam kondisi on ( nyala ), dengan ohm meter dalam keadaan of ( mati ).

     3.   regulator

Pada MB/PCB PS2 terdapat bermacam-macam regulator ada yang memiliki tiga pin / kaki, ada yang empat dan sebagainya. Untuk menentukan rusak atau tidaknya lakukan pengukuran pada pin input dan outputnya, apakah volt yang keluar sudah semestinya atau tidak. perlu di perhatikan biasanya kerusakan pada regulator dapat juga menimbulkan kerusakan pada komponent yang lain.

     4.   fuse

Fuse adalah komponent yang bertugas memutuskan hubungan arus ( vcc ) yang berlebihan, dengan kata lain sebagai pengaman . Fuse putus karena arus ang diterimanya terlalu besar dari pada kemampuannya atau terjadi hubungan singkat. Gantilahfuse yangrusak sesuai dengan kemampuannya atau nilai aslinya.

     5.   dioda optik

Di bandingkan dengan komponent lain, komponen ini lebih banyak/ cepat mengalami penyusutan. Gunakan multi meter digital yang memiliki fasilitas ukur dioda, ukurlah beberapa dioda yang masih bagus untuk di jadikan patokan, dengan meteran yang sama, karena meteran lain ,lain pula kalibrasinya.

6 komentar:

Unknown mengatakan...

gan ps2 slim saya ketika saya restart tidak mau keluar browsernya,kira2 rusak bagian mana ? mohon bantuannya,

PPOB NASIONAL mengatakan...

‘PELUANG USAHA MODAL SANGAT KECIL’
Bagi agan-agan yang ingin membuka usaha
Tapi bingung ingin membuka usaha apa dan hanya mempunyai modal kecil??
Tak usah bingung,silahkan buka usaha pembayaran online
“ppob /online nasional”
Satu deposit bisa melakukan transaksi berikut:
Seperti Pembayaran listrik,tiket pesawat, tiket KAI ,pln,pdam, telepon, speedy, kartu kredit, tv kabel, pulsa, kredit multifinance,voucher game, dll secara mudah, murah, namun tetap dengan dukungan teknologi yang handal dan sistem bisnis yang fleksibel dan menguntungkan.
Hanya bermodal ‘Rp.100.000,’
info lengkap Kunjungi : www.fastpay-nasional.com
Hp:081335640101

aanderlen mengatakan...

Gamblus radibalas

Unknown mengatakan...

kawan..mau tanya ps2 slim saya..saat di mainkan terdengar suara desit desit... seperti suara printer jadull.saat memutar kaset game...!!! tolong solusi nya

andreas mengatakan...

pakai https://cody.id/produk/blower-infrared/blower-infrared-cody-899d/ ini bisa ya gan?

Unknown mengatakan...

mas bisa benerin ps2 blank?

Posting Komentar

 
Copyright © BUMIAYU GAME Blogger Theme by BloggerThemes & newwpthemes Sponsored by Internet Entrepreneur